in

9 Cara Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh Pada Balita

Cara Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh Pada Balita

Menemukan cara meningkatkan sistem imunitas tubuh pada balita termasuk salah satu tugas orang tua, khususnya di tengah serbuan jajaran kuman dan virus yang tidak ada habisnya setiap hari. Munculnya virus corona alias COVID-19 pun menambah kekuatiran akan kesehatan si kecil, khususnya balita yang cenderung masih rentan terhadap penyakit.

“Kita semua memasuki dunia ini dengan sistem imunitas yang tidak berpengalaman,” tutur Charles Shubin, M.D., seorang profesor pediatri dari University of Maryland.

Mengingat kekebalan tubuh anak secara natural akan meningkat seiring waktu, maka banyak dokter anak menganggap hal yang normal jika bayi mengalami pilek dan serangan flu antara delapan hingga sepuluh kali di tahun pertama usianya.

Namun, alih-alih hanya menunggu, ternyata ada beberapa cara mudah untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh balita agar mampu memerangi penyakit.

Berikut 9 cara sederhana untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh pada balita seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Berikan ASI

Air susu ibu (ASI) mengandung antibodi yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh dan sel darah putih. ASI berperan juga untuk menjaga bayi dari infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia atau paru-paru basah, meningitis, infeksi saluran kemih, hingga sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Selain itu, menurut sejumlah studi ASI juga mampu meningkatkan kemampuan otak bayi serta membantu melindunginya terhadap diabetes, penyakit Crohn, kolitis, serta beberapa jenis kanker tertentu di kemudian hari.

Cairan kuning tipis yang disebut kolostrum yang mengalir beberapa hari setelah melahirkan sangat kaya antibodi untuk menangkal penyakit. Untuk itu, direkomendasikan agar ibu menyusui bayinya secara eksklusif minimal selama enam bulan pertama setelah melahirkan.

Udara Segar dan Sinar Matahari

Udara segar dan sinar matahari sangat penting bagi si kecil. Oleh karenanya, usahakan selalu mengajak bayi Anda bermain di luar ruangan atau jalan-jalan secara rutin.

Selain meningkatkan mood, beraktifitas di lingkungan yang asri bermanfaat untuk membersihkan paru-paru bayi. Sementara sinar matahari merupakan sumber utama untuk memperoleh asupan vitamin D yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan meningkatkan imun.

Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh Balita Udara Segar dan Sinar Matahari

Namun perlu diingat bahwa tidak baik bagi kulit bayi jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Juga sebaiknya hindari lokasi yang terlalu padat agar bayi tidak mudah terkena virus atau bakteri.

Perhatikan Asupan Gizi

Perhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi bayi Anda. Salah satu makanan terbaik adalah ubi jalar yang ditumbuk karena mengandung karotenoid yang dikenal mampu membantu sistem kekebalan tubuh serta kaya antioksidan dan vitamin A.

Selain itu, perbanyak konsumsi ikan seperti salmon yang memiliki tingkat asam lemak esensial (EFA) yang tinggi. Menurut berbagai studi, EFA tidak hanya baik untuk meningkatkan perkembangan otak, namun juga dapat membantu meningkatkan imunitas pada anak-anak.

EFA dibutuhkan untuk membantu sel darah putih, yang berperang melawan infeksi, agar berfungsi dengan baik. Sebuah studi pada Journal of Immunology menemukan bahwa anak-anak yang memiliki sejarah infeksi pernafasan dapat membaik lebih cepat saat mengkonsumsi suplemen EFA.

Jaga Agar Tetap Terhidrasi

Penting untuk menjaga jumlah cairan yang dikonsumsi bayi agar tetap terhidrasi. Selain membantu ginjal membersihkan berbagai racun, air juga sangat penting dalam memerangi penyakit.

Sebagai contoh, ketika bayi pilek maka minum banyak air akan membantu mengeluarkan lendir yang mengental bersama infeksi lainnya dalam tubuh. Selain air putih, berbagai jus juga bermanfaat untuk menjaga agar balita tetap terhidrasi.

Batasi Antibiotik

Hindari kebiasaan meminta dokter untuk memberikan antibiotik ketika bayi Anda hanya bersin dan sedikit pilek. Lagipula, antibiotik sebenarnya merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri, bukan virus seperti yang menyebabkan flu.

Ingat, mengkonsumsinya secara berlebihan membuat tubuh bayi akan membangun resistensi terhadap antibiotik.

Perhatikan Jam Tidur

Pastikan balita mendapat waktu tidur yang cukup dan jam tidur yang teratur. Kurang tidur akan membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

Sebuah studi dari University College London menemukan bahwa anak-anak yang memiliki jam tidur yang teratur akan tidur lebih nyenyak. Sedangkan penelitian di Liverpool John Moores University menemukan bahwa bayi dan anak-anak yang berkegiatan di luar ruangan pada sore hari akan beristirahat lebih baik di malam hari karena itu akan mengatur ritme sirkadian mereka.

Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh Balita Manfaat Kulit Domba

Manfaat Kulit Domba

Kereta bayi serta mainan yang terbuat dari kulit domba dipercaya membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Menurut studi dari Jerman, bayi yang tidur beralaskan bulu binatang pada tiga bulan pertama kehidupannya hampir 80% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asma ketika berusia 6 tahun.

Penelitian sebelumnya juga menunjukan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menderita asma atau alergi karena mikroba pada kulit binatang membantu membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

Khasiat Berry

Berry merupakan buah yang kaya antioksidan dan rasanya yang manis menjadikannya makanan favorit sebagian besar bayi. Antioksidan sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Cara-Tingkatkan-Imunitas-Tubuh-Balita-Khasiat-Elderberry

Salah satunya elderberry, buah berry mungil berwarna hitam yang dikenal sangat ampuh mengatasi flu dan pilek. Elderberry memiliki kandungan antioksidan alami dua kali lebih banyak dibandingkan blueberry dan lebih dari 50% kemampuan antioksidan cranberry secara keseluruhan.

Biasakan Hidup Bersih

Membiasakan balita untuk hidup bersih akan membantu sistem kekebalan tubuhnya dalam memerangi penyakit. Cara yang paling sederhana adalah membiasakan anak untuk mencuci tangan setelah beraktifitas.