in

Resep Marmer Cake 4 Telur Lembut Berminyak Dan Anti Seret

Resep Marmer Cake 4 Telur Lembut Berminyak

Marmer cake atau marble cake merupakan kue klasik asal Jerman yang memiliki tampilan unik, belang-belang seperti marmer yang diperoleh dengan memadukan adonan berwarna terang dan gelap. Salah satu ciri khas kue ini adalah teksturnya yang lembut dan berminyak.

Di Indonesia, camilan jadul ini dikenal juga dengan nama bolu macan atau bolu marmer. Selain mudah dibuat untuk menjadi teman minum teh di rumah, marmer cake juga bisa menjadi salah satu produk andalan untuk jualan.

Diantara beragam resep yang beredar, banyak yang mencari resep marmer cake a la Ny. Liem atau Law’s Kitchen. Namun yang jelas, umumnya resep marmer cake lezat yang lembut berminyak dan anti seret saat dimakan-lah yang dicari orang.

Untuk resep marmer cake kali ini digunakan 4 butir telur ayam, atau lebih tepatnya 4 merah telur dan 3 putih telur. Agar menghasilkan bolu macan yang mengembang dan lembut, putih telur dikocok terpisah bersama gula hingga kaku sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Agar lebih menarik, kali ini kue marmer dibuat dari paduan tiga warna berbeda – putih, hijau, coklat – dengan menggunakan pewarna hijau alami dari daun suji dan daun pandan serta coklat bubuk.

Berikut resep lengkap dan cara membuat marmer cake 4 telur yang lembut berminyak dan anti seret.

Resep Marmer Cake 4 Telur Lembut Berminyak Dan Anti Seret

Untuk 1 loyang. Waktu persiapan 30 menit. Waktu memasak 30 menit. Total waktu 60 menit.

Course: Dessert. Cuisine: Indonesia. Keywords: Resep Marmer Cake ; Resep Marmer Cake Lembut Dan Mengembang ; Resep Marmer Cake Berminyak; Kalori: (7 ons) = 673 cal.

Bahan adonan A:

  • 3 butir Putih telur ayam
  • 2 sendok makan Gula pasir

Bahan adonan B:

  • 175 gram Margarin
  • 7 sendok makan Gula pasir
  • 1 sendok teh Vanilla bubuk
  • 4 butir Merah telur ayam
  • 100 gram Tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok makan Susu bubuk

Bahan pewarna:

  • 2 sendok makan Coklat bubuk / Kakao
  • 1 sendok makan Pewarna hijau alami
  • Air hangat secukupnya

Loyang diameter 20 cm

Cara persiapan:

  1. Ayak tepung terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
  2. Campur coklat bubuk dengan sedikit air hangat hingga membentuk pasta. Sisihkan.
  3. Siapkan pewarna hijau alami. Blender 7 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan. Tambahkan sedikit air hangat lalu peras, ambil airnya. Sisihkan.
  4. Kocok bahan adonan A dengan mixer kecepatan tinggi hingga putih, kaku, dan mengembang sempurna (kurang lebih 8 menit). Sisihkan.
  5. Di wadah terpisah, kocok margarin, gula, dan vanilla bubuk dengan mixer kecepatan tinggi hingga tercampur rata.
  6. Masukkan kuning telur satu per satu. Terus di-mixer hingga warna adonan menjadi kuning pucat, teksturnya creamy dan kental.
  7. Turunkan kecepatan mixer. Masukkan ayakan terigu dan susu perlahan-lahan, aduk sebentar dengan mixer hingga tercampur rata lalu matikan mixer.
  8. Tuang adonan A ke adonan B. Aduk hingga tercampur rata.
  9. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian dicampur dengan pasta coklat. Bagian lain campur dengan pewarna hijau.

Cara membuat Marmer Cake:

  1. Siapkan loyang. Olesi bagian dalamnya dengan mentega dan beri taburan tepung terigu hingga rata.
  2. Panaskan oven.
  3. Tuang sebagian adonan putih ke dalam loyang. Tuang adonan coklat dan hijau ke atasnya secara bergantian. Lalu tuang semua sisa adonan putih.
  4. Gunakan sumpit untuk mengacak adonan agar tercipta pola marmer cake.
  5. Masukkan dalam oven. Panggang sekitar 30 menit atau sampai kue berwarna kuning keemasan.
  6. Marmer cake siap disajikan.

Perhatikan, ketika mencampur adonan A dan B jangan sampai ada cairan sisa di adonan A yang tertuang. Dan sebelum dipanggang, ketuk-ketuk dahulu loyang berisi adonan agar gelembung udara di adonan keluar.

Selain itu, pastikan mengolesi dinding dalam loyang dengan mentega dan ditaburi terigu hingga rata. Hal ini penting agar marmer cake tidak hancur dan dapat dilepas dengan mudah dari loyang ketika sudah matang.

Selamat mencoba!