in

Resep Nasi Kuning Enak Gurih Dan Praktis

Resep Nasi Kuning Enak Gurih Dan Praktis

Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang dibuat dengan memanfaatkan warna kuning kunyit, gurih santan, serta wangi bumbu rempah lainnya. Untuk daerah Jawa dan Bali, nasi kuning seringkali disajikan dalam bentuk tumpeng.

Menurut tradisi Indonesia, warna kuning pada nasi ini memiliki makna khusus yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Itulah mengapa tumpeng nasi kuning sering dihidangkan saat menggelar acara syukuran dan momen spesial lainnya seperti ulang tahun, kelahiran, pernikahan, atau tunangan.

Saat ini nasi kuning tidak sulit ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan nasi kuning Manado dan nasi kuning khas Banjar sukses menjadi hidangan populer yang banyak dicari pecinta kuliner nusantara.

Pada dasarnya, pembeda utama antara nasi kuning yang disajikan di daerah Jawa dengan daerah lainnya adalah lauk pelengkapnya. Selain itu, cara membungkus nasi kuning yang khas di beberapa daerah, seperti di Manado yang menggunakan daun lontar atau daun woka, juga menjadi ciri tersendiri.

Di Jawa, termasuk di wilayah Betawi, biasanya nasi kuning akan dilengkapi dengan lauk pauk seperti orek tempe, telur dadar, ayam goreng lengkuas, hingga perkedel. Sementara di Manado, abon ikan cakalang menjadi lauk spesial pada nasi kuningnya, selain dilengkapi bihun goreng dan telur rebus.

Selain dibentuk menjadi tumpeng, di era kekinian nasi kuning juga kerap disajikan dalam bentuk bento, ditata cantik dengan bentuk-bentuk lucu, sehingga memikat selera, khususnya bagi anak-anak. Tak ayal, nasi kuning bento kini menjadi menu alternatif untuk disajikan di acara ulang tahun si kecil.

Berikut resep nasi kuning enak dan gurih dengan cara memasak yang praktis.

Resep Nasi Kuning Enak Gurih

Untuk 15 orang. Waktu persiapan: 10 menit. Waktu memasak: 45 menit. Total waktu: 55 menit.

Course: Main course. Cuisine: Indonesia. Keywords: Nasi Kuning Ulang Tahun ; Resep Nasi Kuning Praktis ; Nasi Kuning Tumpeng

Bahan

  • 1 kg Beras pulen
  • 1500 ml Santan (dari 1 butir kelapa)
  • 5 lembar Daun jeruk
  • 3 lembar Daun salam
  • 2 batang Sereh
  • 1 sendok makan Air jeruk nipis
  • 2 batang telunjuk Kunyit
  • 1 sendok teh Garam
  • 1/2 sendok teh Gula pasir

Cara persiapan

  1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan.
  2. Memarkan sereh.
  3. Parut kunyit. Tambahkan sedikit air, lalu peras. Saring airnya.

Cara memasak

  1. Siapkan panci. Rebus santan hingga mendidih bersama daun jeruk, daun salam, sereh, air perasan kunyit, garam, dan gula pasir. Koreksi rasa.
  2. Masukkan beras. Masak hingga cairan mengering dan menjadi aron. Matikan api.
  3. Tuang air perasan jeruk nipis ke atas nasi aron, aduk rata.
  4. Kukus nasi aron selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  5. Nasi kuning siap disajikan.

Agar lebih gurih, sebaiknya menggunakan santan alami. Sedangkan untuk menambah aroma, boleh menambahkan 5 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam aronan.

Jika akan membentuk menjadi tumpeng, sebaiknya menggunakan sedikit beras ketan agar tekstur nasi lebih lengket dan mudah dicetak. Campurkan beras ketan dalam beras yang akan dimasak dengan perbandingan 1:10. Contohnya, tambahkan 100 gram beras ketan saat memasak 1 kg beras untuk nasi kuning.

Selamat mencoba!