in

Resep Tumis Bayam Bawang Putih Pedas Dan Sedap

Resep Tumis Bayam Bawang Putih Pedas

Tumis bayam adalah salah satu hidangan sayur sederhana namun kaya manfaat. Meskipun harganya tergolong murah dan mudah dimasak, ternyata sayur bayam tergolong superfood alias pangan super karena merupakan salah satu sumber asupan zat besi serta berbagai nutrisi lainnya.

Beberapa vitamin yang banyak terdapat dalam bayam antara lain vitamin A, C, B kompleks, K, dan vitamin E. Selain kaya kandungan magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, potasium, dan sodium, bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan dengan sedikit kalori dan lemak.

Dengan kandungan gizi yang beragam, bayam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Diantaranya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi radang, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, serta baik untuk kehamilan lewat kandungan asam folat-nya yang dapat membantu mencegah cacat pada janin di awal kehamilan.

Tentunya agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, bayam harus diolah dengan benar. Pastikan untuk membeli bayam yang segar dan cuci bersih dengan merendam sayur tersebut di wadah berisi air, diusap seluruh permukaannya lalu dikeringkan sebelum dimasak.

Untuk resep tumis bayam bawang putih kali ini cara memasaknya tergolong praktis dengan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan. Antara lain diperlukan bawang putih, cabe merah keriting, dan cabe rawit merah.

Berikut resep lengkap dan cara memasak tumis bayam bawang putih yang pedas dan sedap.

Resep Tumis Bayam Bawang Putih Pedas Dan Sedap

Untuk 5 porsi. Waktu persiapan 15 menit. waktu memasak 10 menit. Total waktu 25 menit.

Cuisine: Indonesia. Keyword: Resep Sayur Bayam Tumis, Resep Tumis Bayam, Resep Sayur Bayam Tumis Pedas. Kalori: (100 gr bayam) = 35 cal.

Bahan

4 ikat Bayam
5 siung Bawang putih
3 buah Cabe merah keriting
5 buah Cabe rawit merah
1 buah Tomat merah
1/2 sendok teh Garam
1/2 sendok teh Lada putih bubuk
1/4 sendok teh Penyedap
Minyak goreng secukupnya

Cara persiapan

  1. Petik daun bayam bersama tangkainya, pisahkan dari batang besar. Masukkan daun bayam ke dalam baskom berisi air, aduk sebentar lalu buang airnya. Ulangi hingga semua kotoran hilang.
  2. Iris tipis bawang putih. Potong serong cabe merah dan cabe rawit. Belah tomat menjadi 8 bagian.

Cara memasak tumis bayam bawang putih

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan cabe merah, cabe rawit, garam, lada, dan penyedap. Aduk rata, tumis hingga harum.
  3. Masukkan tomat dan daun bayam. Aduk rata, koreksi rasa.
  4. Masak hingga bayam layu dan matang sempurna.
  5. Tumis bayam bawang putih siap disajikan.

Jangan memasak bayam terlalu lama agar tekstur bayam tetap renyah saat disantap dan kandungan mineralnya tidak hilang. Tumis bayam sekitar satu menit saja dengan api besar.

Selain itu, perlu diingat bahwa sayur bayam merupakan jenis makanan yang sebaiknya langsung dikonsumsi habis dan tidak disimpan terlalu lama. Gunakan wajan berbahan stainless steel saat memasaknya. Kandungan zat besi pada bayam akan bereaksi jika menggunakan wajan besi atau alumunium sehingga bayam akan lebih cepat berubah warna menjadi kehitaman.

Selamat mencoba!