in

Tanggal Undangan Pernikahan Berubah? Perhatikan Tips Persiapan Dan Cara Mengumumkan

Perubahan Tanggal Undangan Pernikahan

Perubahan tanggal undangan pernikahan bukanlah sesuatu yang mustahil. Terlebih jika menghadapi situasi dan kondisi luar biasa, seperti pandemi COVID-19 yang berdampak secara global.

Ada sejumlah alasan untuk menunda dan mengganti tanggal di undangan pernikahan. Penundaan tersebut pada umumnya disebabkan oleh kondisi yang tak terduga, seperti bencana alam, pandemi global, badai besar, atau segala sesuatu yang berdampak pada tempat pernikahan atau membatasi sarana transportasi sehingga menyulitkan tamu yang akan hadir.

Bagi yang memutuskan untuk mengubah tanggal undangan pernikahan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar memudahkan calon pengantin dan juga para tamu undangan. Segera setelah menetapkan tanggal baru yang disesuaikan dengan seluruh vendor terkait, calon pengantin harus mulai merancang cara yang efisien dan efektif untuk mengumumkannya.

Berikut beberapa tips persiapan dan cara mengumumkan perubahan tanggal undangan pernikahan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Tetapkan Tanggal Undangan Pernikahan Yang Baru

Perubahan Tanggal Undangan Pernikahan

Sebaiknya diskusikan bersama keluarga inti dan sahabat terdekat Anda untuk menetapkan tanggal undangan pernikahan yang baru. Setelah itu, mulai informasikan tanggal baru tersebut ke semua anggota keluarga dan orang yang terlibat dalam acara pernikahan.

Tentunya kemungkinan tidak semua dapat hadir karena perubahan tanggal tersebut. Untuk itu sejak awal perlu disadari bahwa perubahan tanggal undangan pernikahan berpotensi mengubah daftar nama orang-orang yang terlibat dalam panitia pernikahan.

“Pertama-tama, hubungi anggota keluarga dan panitia pernikahan sesegera mungkin sehingga mereka dapat memperbarui jadwalnya. Hanya, bersiaplah untuk beberapa kesulitan saat membuat jadwal – sedihnya, ada kemungkinan beberapa VIP tidak dapat hadir,” ujar Mariam Naficy, CEO dan founder dari Minted.

Hubungi Vendor Pernikahan

Tentukan Perubahan Tanggal Undangan Pernikahan

Setelah menetapkan tanggal pernikahan yang baru, segera informasikan pada seluruh vendor pernikahan, terutama tempat pesta. Alangkah baiknya jika wedding venue tidak berubah, namun Anda tetap harus bersiap andaikan harus mencari lokasi pernikahan yang baru.

Demikian pula dengan vendor-vendor lainnya, seperti catering, dekorasi pernikahan, fotografer harus segera dihubungi untuk memberitahukan perubahan tanggal. Buat daftar lengkap seluruh vendor yang terlibat agar tidak ada yang terlewat.

Jangan lupa berdiskusi dengan percetakan yang mencetak undangan pernikahan Anda. Jika undangan telah tercetak namun belum disebarkan, coba minta ide untuk dapat menutupi tanggal (dan tempat) pernikahan yang lama dan mencetak yang baru dengan kreasi desain tertentu.

Informasikan Ke Tamu Undangan

Langkah selanjutnya adalah segera menginformasikan perubahan tanggal kepada seluruh tamu undangan. Semakin cepat mendapat informasi, semakin besar peluang mereka untuk dapat hadir di pesta pernikahan Anda.

“Waktu adalah penting, jadi semakin banyak Anda memberitahukan kepada para tamu, semakin besar peluang bagi mereka untuk hadir.

Kirim email kepada para tamu undangan mengenai perubahan tanggal; bagi tamu yang kurang paham teknologi, sebaiknya ditelepon satu per satu untuk memberitahukan hal tersebut,” tutur Naficy.

Umumkan Perubahan Tanggal Pernikahan

Ada baiknya memberikan penjelasan singkat dalam email mengenai alasan perubahan tanggal pernikahan. Namun tidak perlu dijelaskan terlalu rinci.

Kirim Pengumuman Resmi

Meskipun pemberitahuan telah disebar melalui email atau lewat telepon, sebaiknya Anda mengirimkan pengumuman resmi sehubungan perubahan tanggal pernikahan.

“Ini akan bertindak sebagai pengumuman resmi tentang perubahan,” kata Naficy.

Tidak perlu berbentuk undangan sepenuhnya, Anda dapat mengirimkannya dalam bentuk kartu pengumuman secara digital untuk menghemat uang dan waktu.

Namun bagi yang ingin mengirimkan secara fisik, dapat mencetak kartu pengumuman yang di desain selaras dengan undangan pernikahan yang telah disebarkan sebelumnya.

Perbaharui Situs Pernikahan Anda

Bagi yang memiliki website khusus sehubungan pernikahannya, jangan lupa untuk memperbaharui tanggal undangan pernikahan. Sisipkan juga catatan khusus mengenai perubahan tersebut.

Hati-hati Mengundang Tamu Baru

Terkadang kekuatiran kurangnya tamu yang hadir akibat perubahan tanggal pernikahan membuat calon pengantin memutuskan untuk menambah daftar tamu. Nah, ini harus diperhatikan karena kemungkinan tamu yang baru Anda undang tersinggung karena merasa jadi cadangan.

Jangan Panik Umumkan Perubahan Tanggal Pernikahan

Jangan Panik

Terakhir, jika tanggal undangan pernikahan tertunda karena alasan yang diluar kendali, maka Anda harus tetap tenang dan jangan panik. Sangat penting untuk mengingat tujuan akhir dari pernikahan tersebut, yakni merayakan momen istimewa dikelilingi anggota keluarga dan para sahabat untuk membangun rumah tangga baru bersama pasangan Anda.